Tips promosi diri Desainer Grafis | Langkah-langkah Menjadi Desainer Grafis Sukskes dan Dikenal Banyak Orang

Langkah-langkah yang harus diambil seorang Desainer Grafis untuk dikenal banyak orang | Tips menjadi desainer grafis sukses dan banyak klien | Promosi diri efektif Desainer Grafis


Selamat malam sobat kreatif, dalam pembahasan kali ini kita akan belajar tentang bagaimana menjadi seorang  Desainer Grafis yang sukses dan dikenal oleh banyak orang (Calon Klien). Menjadi desainer grafis itu adalah pekerjaan yang menyenangkan. tapi tentu saja untuk menjadi seorang desainer tidak apdol jika kemampuan atau karya-karya kita tidak dikenal oleh sebagian banyak orang atau bahkan tidak ada yang mengetahunya. Nyatanya profesi sebagai desainer grafis menjadi sangatlah rumit karena tidak cukup hanya dengan desain yang profesional. Sama seperti profesional dalam bidang lainya, untuk menjadi seorang desainer grafis juga harus cerdas dalam memasarkan diri dengan karya dan kemampuanya. Dengan begitu jaringan kita menjadi luas dan secara perlahan akan dikenal oleh banyak orang dengan ciri khas karya kita sendiri.
Artikel terkait Tips Belajar Desain Grafis Pemula secara cepat

Seperti yang kita ketahui, dalam perkembangan Desain Grafis di tahun ketahunya mengalami peningkatan yang cukup signifikan dikarenakan prosfek desain kedepanya yang semakin hari semakin cerah sehingga sobat dapat menemukan banyak perubahan dan tantangan jika sobat memilih profesi sebagai desainer grafis. seiring berjalanya waktu, semakin banyak orang-orang kreatif dan semakin banyak juga cara yang dapat dilakukan untuk memperluas jaringan kita.  dalam hal ini sobat kreatif harus ekstra kerja keras agar lebih terlihat menonjol daripada yang lain.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempromosikan diri sebagai desainer grafis ;

1. Personal Branding

Mungkin sobat sudah mengetahuinya yaitu "personal baranding". langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan mempersiapkan personal branding. apa itu personal branding? arti dari "brand" atau konsep dari "branding" dapat berbeda dari setiap orang ke orang. definisi yang paling sederhana dan paling umumnya adalah "branding adalah apa yang orang fikirkan dan katakan tentang anda" singkatnya yaitu dengan membuat sesuatu yang berhubungan dengan biodata pribadi sobat. Semisal, Kartu nama, Curriculum vitae atau portofolio. yang harus sobat lakukan sekarang adalah dengan bagaimana membuat biodata dan mendisainya dengan semenarik mungkin. kerahkan semua kemampuan sobat!. Untuk penerapan dalam konteks branding,
kenali tiga poin berikut

2. Blog atau Website Pribadi

Menulislah. adalah kata yang tepat untuk poin kedua ini. membuat blog atau website pribadi merupakan hal umum yang harus dilakukan oleh para kreatif desainer grafis. Dengan menulis di blog, orang-orang dapat mengetahui bahwa sobat adalah seorang desainer grafis dengan catatan topik di dalam blog/website adalah Graphic Design. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempublikasikan proses kerja, referensi, inspirasi, atau membuat artikel. Dalam hal ini tidak jarang pengunjug blog adalah calon klien sobat. sisi positifnya adalah dapat melihat sampai mana perkembangan kemampuan sendiri dan juga tentu ini akan menjadi bermanfaat bagi orang lain.

3. Aktif Sosial Media

Jejaring media sosial merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memperkenalkan diri sobat kepada teman maupun publik. hanya saja tidak begitu banyak orang yang benar-benar menggunakanya dengan cukup baik. Lengkapilah profil sobat sebagai seorang desain grafis, seperti foto, skill maupun biodata lainya semenarik mungkin. selain itu sobat juga dapat update setiap karya terbaru yang dirasa sudah cukup pantas untuk dipublikasikan dengan begitu akan mencerminkan siapa sobat. atau sobat juga dapat membagikan tautan (desain grafis) yang dirasa menarik dan bermanfaat bagi banyak orang. sehingga akan membentuk opini pada publik tentang siapa sobat sebenarnya, langkah seperti ini mempengaruhi proses emosional publik tentang sobat dan disinilah proses branding sobat dimulai.


4.Gabung Jejaring Graphic Design

poin yang ke empat adalah dengan bergabung dalam jejaring khusus disain komunikasi visual. terdapat banyak sekali jejaring desain grafis diantaranya behance, devianArt, dribble dan lain-lain. dengan bergabung disalah satu situs tersebut sobat dapat bertemu dengan rekan se profesi lain yang akan memberikan feedback terhadap karya sobat. dan jangan lupa lengkapi portofolio dengan sekreatif mungkin karena tidak jarang juga terdapat klien yang mengunjungi langsung ke situsnya. dan lagi-lagi nama sobat akan semakin dikenal oleh orang.



5. Desain Karya Gratis

Sudah tidak asing lagi jika mendengar teman gratisan. jadikanlah itu sebagai kesempatan untuk mempromosikan diri sobat. dengan membuatkan desain bagi seorang teman maka akan membuat namamu semakin dikenal. Free design akan selalu menyenangkan bagi semua orang. sobat bisa membagikan setiap karya terbaik sobat secara cuma-cuma kepada orang lain. terlebih jika karya tersebut menarik dan disukai orang maka sobat akan dikenal sebagai desainer grafis yang memiliki karya profesional serta dermawan.

6. Kirim Proposal

Mengirim proposal ke calon Klien idaman. dalam hal ini proposal merupakan hal penting untuk menyampaikan informasi sobat secara langsung kepada calon klien dalam bentuk soft copy maupun hard copy.  Kirimlah proposal ke calon klien seperi cafe, perusahaan, resto,  dan selalu perhatikan isi yang ada didalamnya. dengan begitu industri perusahaan akan mengenal nama sobat dan sewaktu-waktu akan menghubungi sobat.



nahh itu tadi beberapa poin yang dapat sobat lakukan untuk memperkenalkan diri sobat kepada publik. dan suatu saat semua orang akan mengenal nama sobat tanpa harus memperkenalkan diri lagi. jika artikel ini bermanfaat silahkan di share dan jangan lupa nantikan artikel terbarunya. Salam kreatif..

Komentar

Posting Komentar