Penggunaan Warna Pada Sebuah Logo dan Arti Warna itu sendiri

sumber
Warna merupakan salah satu aspeke elemen sangat penting dalam desain. Setiap warna memiliki makna yang berbeda-beda.  sebagai contoh warna hitam, yang berarti power, dan putih yang berarti cleanliness.

Setiap klien pastinya tidak hanya ingin logo nya terlihat bagus, tetapi juga agar bicara dan menyampaikan emosi yang sama dengan brand untuk menarik perhatian para audiens.  karena itu, warna pada sebuah logo akan sangat penting sebagai pemicu psikologis yang membuat audiens yakin bahwa produk/layanan tersebut pilihan mereka.

Jika sobat seorang desainer, tentu harus dapat membangkitkan gairah, pesan dan emosi para audiens melalui desain logo yang baik.  salah satu caranya dengan memahami dan menguasai arti warna dalam desain logo tersebut. Berikut ini beberapa penjelasan singkat tentang aspek psikologis yang terdapat dalam warna desain logo ;

1. Hitam
( formalitas, elegan, kemewahan, kekuatan, kecanggihan, keabadian )

warna hitam merupakan warna dasar klasik yang netral. jika ingin memberikan kesan kuat dan elegan pada suatu brand maka perbanyaklah warna hitam pada desain logo yang sobat buat. Hitam pada sebuah logo digunakan hampir pada semua moderasi logo. warna hitam biasanya sering digunakan untuk produk-produk mahal untuk mewakili gengsi (brand teknologi, pashion, atau kendaraan), seperti beberapa  brand ternama yang menggunakan warna hitam pada logo nya misalnya nike, apple dan addidas. warna hitam tidak banyak digunakan di brand seperti keuangan, makanan, properti karena banyak yang beranggapan kurang cocok. 

2. Putih
( kebersihan, suci dan kemurnian )

Warna putih merupakan warna pertama dari semua warna-warna yang ada. karena itu, warna putih juga diartikan sebagai titik awal dari sebuah perjalanan. warna putih pada logo akan membuat sebuah brand menjadi terlihat lebih santun, dan memiliki intergritas yang tinggi yang seolah memberi informasi kepada audiens untuk mempertimbangkan produk mereka dan meyakinkan bahwa mereka tidak akan pernah menyesal. Sama dengan hitam, warna putih digunakan dalam hampir semua moderasi logo, salah satu contoh brand ternama yang menggunakan warna putih pada logo nya misalkan Apple dan Ubuntu.

3. Merah
( semangat, keberanian, aksi, energik, prokatif, agrsif dan gairah )

warna merah identik dengan warna api, dan memiliki makna yang sama dengan api itu sendiri. terdapat banyak sekali emosi dan gairah yang di timbulkan pada warna merah. warna merah mampu meluapkan semangat dalam hal apapun, warna merah dapat menarik perhatian siapa saja yang melihatnya dan terkesan hangat. 
warna merah biasa digunakan oleh brand seperti makanan, teknologi, kendaraan. salah satu brand ternama yang menggunakan warna merah pada logo nya misal logo Honda, dan CocaCola.

4. Kuning
( kegembiraan, optimis, progresif , kreatif dan positif )

Kuning merupakan warna cerah yang terkuat setelah merah. karena kuning merupakan warna yang kuat maka sering digunakan untuk menarik perhatian seperti rambu lalulintas yang menggunakan warna kuning sebagai tanda hati-hati. warna kuning terlihat begitu progresif, jika dalam logo warna kuning sering digunakan dalam hal-hal yang bersifat kreatif.  salah satu brand yang menggunakan warna kuning adalah Nikon.

5. Orange
( kebahagiaan, antusiasme, kepercayaan, kesenangan )

Warna orange merupakan kombinasi dari warna merah dan kuning. warna orange di definisikan sebagai warna yang hangat dan ramah, menjadikan setiap orang nyaman saat melihatnya. Penggunaan warna orange pada sebuah logo diyakini dapat membangkitkan hasrat kepercayaan dan antusiasme yang tinggi pada setiap audiens yang melihatnya. Dari segi psikologis sebenarnya warna orange memberikan kesan tidak nyaman dan sedikit gaduh, mungkin karena itulah warna ini sering dipakai untuk menarik perhatian orang. Salah satu brand yang menggunakan warna kuning sebagai logonya misal Nickelodeon dan Blogger.

6. Biru
( Ketenangan, keyakinan, kepercayaan dan keseriusan )

Warna biru mempunyai arti luas dan tanpa batas seperti langit dan lautan. biru juga dilambangkan sebagai ketenangan, kepercayaan, berwibawa, tangguh dan percaya diri. hal ini yang akan mendorong audiens untuk memahami identitas perusahaan dengan penuh keseriusan. mungkin hal itu yang membuat warna biru menjadi warna favorit dan tercatat sekitar 83% logo perusahaan yang menggunakan warna biru sebagai identitasnya. salah satu logo brand ternama yang menggunakan warna biru misal HP dan Facebook.

7. Hijau
( Sumber kehidupan, kesegaran, harmoni dan alami )

Warna hijau mewakili dari alam, sumber kehidupan, kesegaran dan juga berarti pembaharuan. karena ini, kesan alami dan bumi selalu melekat pada warna hijau. dengan menggunakan warna hijau, berarti menawarkan produk segar sebagai sumber kehidupan dan mencitrakan perusahaan sebagai ramah lingkungan. seperti salah satu contoh brand yang mencirikan produknya sebagai kesegaran adalah Sprite. warna hijau juga dilambangkan sebagai harmoni yang penuh dengan kedamaiyan. warna hijau banyak dipergunakan dalam desain x banner, poster, roll up banner hingga spanduk.

8. Ungu
( kecantikan, kemewahan, fantasi, kecerdasan dan keunikan )

Warna ungu pada desain logo sering di kaitkan dengan hal-hal yang bersifat keunikan fantasi dan onovasi. karena termasuk dalam lambang kecantikan, warna ungu juga sering dipergunakan oleh perusahaan berbau fashion. warna ungu dapat memberikan kesan ketertarikan tersendiri bagi audiens yang melihatnya sama halnya seperti seorang wanita. salah satu brand yang menggunakan warna ungu sebagai identitasnya adalah Yahoo.

9. Cokelat
( Klasik, serius, terpercaya, membumi, kenyamanan, sederhana dan isolasi )

warna coklat menawarkan rasa nyaman dan sederhana. dibalik kesederhanaan warna coklat, juga dikaitkan dengan sifat bumi yang berarti kekuatan, warna coklat juga sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat klasik, retro dan masa lalu. karena itu, warna cokelat sangat cocok untuk menampilkan kebahagiaan dalam nostalgia.  Salah satu logo ternama yang menggunakan warna coklat sebagai identitasnya dalah UPS.

10. Kombinasi warna
( Kesenangan, otoritas, kemudahan dan multi disiplin )

Kombinasi warna desain sebuah logo merupakan pengembangan dari warna logo itu sendiri. mempadukan semua warna-warna yang ada membuatnya menjadi terlihat sangat disiplin. Menerapkan kombinasi warna pada sebuah logo berarti menawarkan kesenagan, kemudahan serta fleksibilitas yang tinggi. penggunaan kombinasi warna pada logo lebih banyak di pakai oleh brand penyedia jasa internet dan software, salah satu contohnya brand yang sudah tidak asing yaitu Google dan Microsoft.

Bagaimana menerapkan skema warna yang baik
Demikian 10 pengertian warna dalam desain logo, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan yang membagikanya.  Mungkin sobat penasaran, 10 logo termahal di dunia atau mungkin Jenis-jenis logo yang belum sobat ketahui?

Komentar