Panduan Cara menulif brief design yang efektif dan mendapatkan hasil design yang sempurna

Bagaimana Anda mendapatkan desain yang Anda inginkan? Desain sempurna yang Anda bayangkan di kepala Anda? ... Desain singkat adalah jawabannya.

Sumber artikel :justcreative.com


Apakah Anda seorang desainer atau klien, brief desain yang efektif adalah satu-satunya faktor paling penting dalam memastikan bahwa sebuah proyek berhasil.


Artikel ini akan memberi tahu Anda cara menulis ringkasan desain yang efektif yang akan bermanfaat bagi klien dan perancang.


Artikel ini akan didasarkan dari perspektif klien.


Apa itu Brief Desain?


Pertama, Anda mungkin ingin tahu apa itu brief desain. Brief desain adalah sesuatu yang sangat penting untuk setiap proyek desain karena akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan desainer untuk melebihi harapan Anda.


Singkat desain harus terutama berfokus pada hasil dan hasil desaindan tujuan bisnis dari proyek desain. Seharusnya tidak berusaha untuk berurusan dengan estetika desain ... Itu adalah tanggung jawab desainer.


Ringkasan desain juga memungkinkan Anda (klien) untuk fokus pada apa yang ingin Anda capai sebelum pekerjaan dimulai pada proyek.


Brief desain yang baik akan memastikan bahwa Anda mendapatkan desain berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan Anda, asalkan Anda telah memilih desainer yang tepat.


Cara Menulis Brief Desain yang Efektif


Jika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan cara yang teratur dan terperinci, brief desain Anda akan selesai 90% ... 10% lainnya akan datang dari pertanyaan lebih lanjut dari desainer setelah Anda mengirimkan brief Anda.


Bersenang-senang menjawab pertanyaan dan ingat, berikan detail sebanyak mungkin! Ini tidak berarti jawaban satu baris.


Apa yang bisnis Anda lakukan?


Kiat: Jangan pernah berasumsi bahwa perancang akan tahu apa-apa tentang perusahaan Anda. Jelas dan ringkas dan hindari jargon saat menjawab.


Apa yang dilakukan perusahaan / organisasi Anda?


Apa sejarah perusahaan Anda?


Apa tujuannya? Mengapa?


Apa tujuan keseluruhan dari proyek desain baru?


Apa yang Anda coba komunikasikan dan mengapa?


Apakah Anda mencoba untuk menjual lebih banyak produk atau mendapatkan kesadaran tentang produk / layanan Anda?


Bagaimana Anda berbeda dari pesaing Anda?


Apakah Anda ingin sepenuhnya menemukan kembali diri Anda sendiri atau Anda hanya memperbarui materi promosi Anda?


Kiat: Anda juga harus memberikan materi promosi lama untuk membantu perancang.


Siapa target pasarnya?



Apa demografi & psikografi target pasar Anda? yaitu. usia, jenis kelamin, pendapatan, selera, pandangan, sikap, pekerjaan, geografi, gaya hidup orang-orang yang ingin Anda jangkau.


Kiat: Jika Anda memiliki banyak audiensi, rangkingkan berdasarkan tingkat kepentingannya.


Salinan (teks) dan gambar apa yang dibutuhkan?


Tip: Salinan dan gambar yang digunakan dalam suatu desain sama pentingnya dengan desain itu sendiri dan Anda harus dengan jelas menyatakan siapa yang akan menyediakan salinan dan gambar jika diperlukan. Anda mungkin perlu mencari seorang copywriter / fotografer profesional - tanyakan beberapa rekomendasi kepada desainer Anda.


Salinan apa yang perlu dimasukkan dalam desain? Siapa yang menyediakan salinannya?


Gambar / foto / diagram dll apa yang perlu digunakan? Siapa yang menyediakan ini?


Apa spesifikasinya?


Berapa ukuran desainnya?


Di mana itu akan dicetak / digunakan? Web, kartu nama, alat tulis, di mobil Anda?


Apa informasi lain yang harus diketahui perancang sehubungan dengan spesifikasi?


Sudahkah Anda memikirkan tolok ukur?


Anda harus memberikan beberapa contoh kepada perancang tentang apa yang Anda anggap efektif atau desain yang relevan bahkan jika itu dari pesaing utama Anda. Ini akan menetapkan patokan untuk desainer Anda.


Berikan perancang hal-hal yang tidak boleh dilakukan, dan gaya yang tidak Anda sukai atau ingin lihat dalam desain Anda. Ini akan memberi desainer ide tentang apa yang harus dihindari dan akan menghindari kekecewaan atas nama Anda.


Apa Anggaran Anda?


Memberikan anggaran mencegah perancang membuang-buang waktu dan sumber daya yang berharga ketika mencoba memaksimalkan anggaran Anda.


Memberikan anggaran di muka juga memungkinkan para desainer untuk mengetahui apakah proyek ini akan layak untuk diselesaikan. Pastikan Anda sepadan dengan waktu mereka.


Berapa skala waktu / tenggat waktu?

Berikan perancang jadwal proyek yang rinci dan tetapkan tenggat waktu yang realistis untuk penyelesaian pekerjaan. Anda harus mempertimbangkan berbagai tahapan proyek desain seperti konsultasi, pengembangan konsep, produksi dan pengiriman.


Kiat: Pekerjaan desain yang terburu-buru tidak membantu siapa pun dan kesalahan dapat dibuat jika pekerjaan yang rumit didorong tanpa waktu untuk meninjau, namun ada kalanya pekerjaan yang terburu-buru diperlukan, dan dalam kasus ini Anda harus jujur ​​dan terbuka mengenai hal itu.

Kiat Untuk Desainer

Sebagai seorang desainer, penting untuk memiliki template seperti ini untuk diberikan kepada klien karena klien tidak akan selalu mendatangi Anda dengan brief desain - jangan ragu untuk menggunakan yang ini sesuka Anda. Dengan menyiapkan template, itu menunjukkan kepada mereka profesionalisme Anda dan pada akhirnya menyelamatkan mereka (dan Anda) banyak waktu dan uang.

Komentar